Membuat dan menjalankan suatu blog bukan perkara mudah. Okelah kalau yang membuat blog hanya untuk write dan posting seperti menuliskan sebuah diary. Tapi bagaimana dengan seorang yang membuat blog profesional yang ditujukan agar dapat dibaca oleh orang banyak. Sebagian blogger telah gagal menjadi Pro Blogger, kebanyakan tidak tau tidak tau bagaimana membangun sebuah blog yang benar, dan masih ada banyak juga blogger yang ingin blognya terkenal tapi mau hanya sedikit berusaha dan lebih memilih memakai jalan pintas.
Menjadi Blogger juga sama seperti pekerjaan lain, ada aturan, tata cara, dan syarat-syarat yang harus dipatuhi agar menjadi seorang blogger yang bisa dikatakan profesional.
Dibawah ini adalah 47 Tips untuk menjadi seorang blogger profesional. 47 tips ini mencakup secara keseluruhan apa saja yang dibutuhkan dan dilakukan untuk menjadi seorang Blogger Pro.
Menulis postingan dan kemudian publikasikan.
Mengoptimalkan isi postingan
Social 'n' Sharing
Blog Networking
Menjadi Blogger juga sama seperti pekerjaan lain, ada aturan, tata cara, dan syarat-syarat yang harus dipatuhi agar menjadi seorang blogger yang bisa dikatakan profesional.
Dibawah ini adalah 47 Tips untuk menjadi seorang blogger profesional. 47 tips ini mencakup secara keseluruhan apa saja yang dibutuhkan dan dilakukan untuk menjadi seorang Blogger Pro.
- Desain blog anda secantik mungkin.
- Jadikan blog anda mudah untuk dinavigasi.
- Pindah ke self-hosted WordPress. Memang, anda dapat membangun blog yang populer di WordPress.com atau Blogger.com. Tetapi dengan self-hosted, anda akan memiliki kontrol penuh terhadap website anda, plus tampak lebih profesional.
- Tentukan niche anda. Tema apa yang ingin anda angkat? Apakah cooking, travelling, style, atau apa? Terlalu sempit akan membuat anda kesulitan membangun audiens yang lebih besar. Terlalu luas akan membuat anda kesulitan untuk stand out dari kompetitor anda.
- Susun tagline website Anda. Nyatakan untuk siapa blog anda, apa yang ditawarkan di dalamnya, dan apa yang membuatnya spesial.
Menulis postingan dan kemudian publikasikan.
- Tulis artikel yang menarik untuk dibaca.
- Tulis hal bersifat kontroversi.
- Beritahukan tulisan anda kepada dunia dengan mengirimkan posting Anda ke artikel direktori populer, misalnya log.viva.co.id.
- Tulis lebih banyak artikel. Apakah anda masih posting 3x seminggu? Maka cobalah posting 5x.
- Pertahankan frekuensi posting Anda. Posting artikel setiap hari adalah strategi yang kuno. Yang benar, Anda harus mengikuti teori Pareto / aturan 80-20. Yaitu menghabiskan 20% dari waktu Anda membuat konten dan 80% untuk mempromosikannya.
- Pasang Google Analytic. Cari tahu kapan waktu terbaik untuk memposting artikel anda. Posting konten Anda pada puncak lalu lintas trafik tertinggi.
- Gunakan hari libur untuk liburan. Karena ketika anda rajin memeriksa Google Analytic, anda akan menemukan bahwa trafik blog akan cenderung turun 20% ketika hari libur. Konten anda layak untuk mendapatkan lebih banyak apresiasi.
- Buatlah kalender editorial sederhana. Misalnya: kapan anda harus menulis wawancara, tips, berita, dsb. Konten Anda akan lebih teratur dan mengalir. Pembaca jauh lebih bisa mengantisipasi apa yang akan mereka dapatkan ketika mengunjungi website anda untuk yang kedua kalinya.
- Latih kemampuan anda untuk menulis headline / judul artikel yang menggoda.
- Berikan perhatian lebih banyak pada penulisan kalimat pembuka artikel anda. Ketika headline berfungsi untuk menarik pembaca agar membuka artikel anda, maka kalimat pembuka akan menentukan apakah mereka harus membaca sisa posting anda.
- Tutup dengan call to action. Yaitu kalimat yang mendorong pembaca tulisan anda untuk melakukan apa yang anda inginkan. Apakah berbagi komentar, atau justru membaca tulisan anda lainnya.
Mengoptimalkan isi postingan
- Jadikan tulisan Anda lebih screen-friendly. Misalnya dengan mengatur dimensi lebarnya agar kelopak mata pembaca tidak perlu berpindah dari kanan ke kiri. Atau dengan hal yang sederhana seperti menambahkan sub-judul, bullet and numbering, dan ruang putih untuk beristirahat.
- Kaitkan tulisan baru dan tulisan lama anda dengan menyisipkan backlink-backlink yang mengarah pada tulisan lama yang relevan.
- Sisipkan tags berdasarkan dengan keyword yang paling sering dicari. Pastikan tags tersebut tetap relevan terhadap tulisan anda.
- Optimasi SEO dari setiap permalink, title, description, headers, content, dlsb.
- Gunakan alt tags dan title yang relevan pula terhadap komponen gambar yang anda tarus di posting anda. Judul seperti 1.jpg tidak akan memberikan nilai tambah terhadap SEO anda.
- Perangi komentar spam. Ketika diapprove sembarangan, mereka akan merugikan upaya SEO anda. Kombinasi Akismet dan captcha cukup efektif untuk menyaring komentar spam.
- Sempurnakan halaman About Me anda. Halaman About Me adalah halaman yang paling sering dikunjungi kedua setelah halaman Home. Di sini pula lah satu-satunya ruang di mana anda bisa menunjukkan kepribadian anda. Maka, agar tampak lebih profesional, sempurnakan halaman About Me anda dari waktu ke waktu.
- Buat halaman kontak. Segera setelah Anda mulai mendapatkan trafik, beberapa pembaca mungkin ingin terhubung dengan anda. Maka, buat sebuah halaman kontak sederhana. Anda boleh menggunakan plugin untuk memudahkan pekerjaan anda.
- Berhati-hatilah terhadap ads. Tampilkan hanya ads yang menghasilkan income yang menurut anda terlalu menggoda untuk ditolak. Pastikan pula ads tersebut tetap relevan terhadap audiens anda.
Social 'n' Sharing
- Buat konten anda lebih mudah dibagikan di sosial media. Misalnya dengan memasang plugin social sharing sederhana di setiap artikel anda.
- Buat akun Twitter.
- Auto-tweet posting anda dengan layanan seperti Twitterfeed.com.
- Buat pula Facebook Fanspage.
- Undang banyak user Facebook lain untuk like Fanspage anda.
- Update Facebook Fanspage anda secara manual setiap hari.
- Triknya adalah dengan menyusun kalimat pengantar dalam bentuk pertanyaan. Hal ini lebih efektif untuk meningkatkan engagement di dinding Facebook Anda dibanding menggunakan autoposting.
- Ciptakan pula halaman Google+ untuk website anda.
- Sisipkan link ke blog Anda di dalam setiap profil Anda.
- Ketika anda sudah mencoba semua, tentukan mana yang paling nyaman bagi anda. Kemudian fokus pada satu platform. Alih-alih mencoba untuk menguasai semua, anda akan meraih hasil yang lebih baik ketika fokus pada satu platform.
- Mulailah sebuah Newsletter berkala untuk membawa pengunjung anda kembali ke blog Anda secara teratur.
Blog Networking
- Beritahukan tentang blog anda kepada semua orang.
- Cetak kartu nama.
- Ikuti konferensi blog dan gathering lain yang berkaitan dengan niche anda. Sebarkan kartu nama anda di sini.
- Tambahkan URL blog ke dalam signature email anda.
- Buat akun Kaskus dan mulailah berinteraksi dengan niche anda.
- Ciptakan hubungan dengan blogger yang anda idolakan. Anda butuh mentor.
- Keep in touch dengan blogger lain yang anda kenal baik.
- Tawarkan pada blogger lain untuk menulis guest post di website anda.
- Tawarkan pula tulisan anda sebagai guest post di website milik blogger lain.
- Interviu figur yang berpengaruh di dalam niche anda. Tujuannya adalah untuk menyadap audiens mereka agar mau berkunjung pula ke blog anda.
- Tawarkan diri anda untuk wawancara.
- Selenggarakan sebuah kompetisi. Hadiahnya tidak perlu besar-besar, yang penting menarik.
- Katakan dengan bangga pada diri anda sendiri, “Saya seorang pro-blogger”.
- Lakukan semua hal diatas dan akan menjadi seorang blogger profesional. Segala pekerjaan ada aturan dan tata caranya dan pekerjaan menjadi blogger pro adalah satunya.