Fitur-fitur Menarik di Windows 8 Yang Wajib Untuk Anda Tahu

Artikel terkait : Fitur-fitur Menarik di Windows 8 Yang Wajib Untuk Anda Tahu

Ngomongin tentang Windows 8 gan, coz ane pake Windows 8. Pengalaman ane pas baru make Windows 8 rumit banget soalnya beda banget sama Windows2 sebelumnya. Buat agan2 yang make Windows 8 ane kasi nih beberapa fitur menarik di Windows 8 biar makin gampang makenya.

Fitur-fitur Menarik di Windows 8 Yang Wajib Anda Tahu

Fitur-fitur Menarik di Windows 8 Yang Wajib Anda Tahu


Fitur2 ini soalnya pas ane tau ane jadi suka banget sama Windows 8. So agan2 pasti bakalan suka juga kaya ane. Gak usah banyak bacot. Ini dia:

Fitur-fitur Menarik di Windows 8 Yang Wajib Untuk Anda Tahu

  • Hidden Start Menu:
Microsoft telah menghilangkan menu start lamanya dengan tampilan ‘keramik’. Tetapi ternyata masih terdapat fitur klik kanan di sudut kiri bawah layar untuk memunculkan menu untuk membuka menu Control Panel, Task Manager, daftar program dan menu-menu lain yang ada di sistem.
Dari sini agan dapat mencari file, menjalankan menu ‘Run’, membuka File Explorer dan lainnya.
  • File History:
File History adalah fitur terbaru di Windows 8 yang cara kerjanya mirip dengan teknologi Apple’s Time Machine. Secara otomatis log dari data-data lama agan dapat dikembalikan ketika diperlukan.
Fitur ini tidak diaktifkan secara default, sehingga agan perlu untuk membuka sub-menu System and Security keamanan di Control Panel untuk menjalankannya.
agan juga memerlukan hard-drive baik internal, eksternal atau jaringan untuk menyimpan riwayat dari data-data lama agan . Semuanya akan bekerja secara otomatis ketika diatur, dan dapat menjadi penyelamat jika agan kehilangan foto data agan secara tiba-tiba.
  • Start Menu Rahasia

Ketika pengguna mengarahkan kursor ke pojok kiri layar dan melakukan klik kiri, tampilan Start Screen akan dimunculkan. Tapi apabila yang di-klik adalah tombol mouse sebelah kanan, Windows 8 akan menampilkan sebuah menu yang memuat akses ke sejumlah area penting mirip pada Start Menu yang lama, termasuk Control Panel, Command Prompt, dan Task Manager.
Cara ini lebih mudah dan cepat dibandingkan memperoleh akses serupa melalui Start Screen yang baru.

  • Sinkronisasi Akun Pengguna

Windows 8 mendukung mode User Account seperti pada versi Windows terdahulu. Namun, sistem operasi ini juga bisa membuat akun pengguna jenis baru yang tersinkronisasi dengan Windows ID milik pengguna yang bersangkutan.Melalui akun ini, agan pun bisa mengakses data dari SkyDrive, Xbox, Hotmail/ Outlook dan jasa-jasa berbasis cloud lain dari Microsoft.
Akun pengguna tipe baru tersebut juga bisa menyamakan setting Windows agan (dari wallpaper desktop hingga history browser) di beberapa komputer yang berbeda sehingga bisa membantu ketika menggunakan banyak komputer.
Untuk mengakses fitur ini, jalankan Settings, pilih "Change PC Settings", dan bukalah "Sync your settings".

  • Matikan Komputer dengan Cepat
Proses ini bisa jauh dipersingkat dengan memilih tampilan desktop (tanpa adanya window yang terbuka) lalu menekan kombinasi tombol [Alt] dan [F4] secara bersamaan untuk memunculkan pilihan yang sama. Cara tersebut sebenarnya sudah lama tersedia di Windows versi sebelumnya, tetapi menjadi lebih berguna di Windows 8.
  • Screenshot Praktis

Windows 7 memiliki aplikasi Snipping Tool untuk menampak gambar (screenshot), tool ini pun masih ada pada Windows 8.Akan tetapi, ada cara lain yang lebih praktis untuk keperluan itu di Windows 8. Pengguna cukup menekan kombinasi tombol [Windows] dan [Print Screen] pada keyboard dan gambar hasil tangkapan layar akan disimpan dalam format PNG di Pictures Library.

  • Mixed Desktop App:
Windows 7 memungkinkan agan untuk menemukan aplikasi Windows di sisi layar agan , tetapi Windows 8 memungkinkan aplikasi-aplikasi di menu start-nya untuk pindah ke tepi kiri atau kanan layar, dan mereka akan beralih ke mode mini yang khusus pada saat yang sama.
Ini berarti agan dapat melihat ramalan cuaca atau mengecek Twitter ketika sedang menjalankan program.
  • Sync Everywhere:
Jika agan menggunakan Windows 8, agan dapat menggunakan akun ID Windows lama agan pada Windows 8 agan untuk memudahkan sinkronisasi email dan foto, mengatur pengaturan Windows 8 seperti Windows yang lama dan preferensi langsung ke lokasi lainnya.
Ini adalah cara yang cepat dan mudah menjaga preferensi agan , wallpaper di desktop, Internet bookmark dan data lainnya.
  • Take The Shortcuts:
Fitur Snipping Tool yang ada pada Windows 7 masih ada di Windows 8, tapi ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan screenshot dari layar agan .
Tekan tombol Windows dan PrtScrn (Print Screen) pada waktu yang sama untuk menyimpan screenshot gambar berformat PNG ke folder ‘Screenshot’ di menu Pictures library. Tekan Win+C untuk memunculkan Windows 8 Charms.
Gunakan Win+X untuk menampilkan menu start tersembunyi yang telah disebutkan sebelumnya. Dan Win+D untuk mengganti pilihan aplikasi di desktop dengan aplikasi lain yang ada di Windows 8.
  • Look screen
Pada tampilan pertama windows 8 tampil dalam keadaan tombol terkunci. Tekan tombol spasi, memutar roda mouse atau bisa juga dengan cara swipe layar sentuh ke atas. agan akan dibawa ke halaman login. silahkan agan login dengan username dan password windows 8 yang agan punya.
  • Basic Navigation (Navigasi standar)

Karena windows 8 dioptimalkan untuk layar sentuh dan tidak ada lagi tombol start, melainkan hanya kotak-kotak aplikasi sebagai pengganti navigasi versi windows sebelumnya. Namun demikian agan bisa menjalankan untuk PC dengan menggeser roda mouse ke depan dan belakang.
  • Kelompok aplikasi

agan dapat mengelompokkan kotak-kotak aplikasi pada halaman utama windows 8 dengan cara drag and drop aplikasi yang ada. Mengelompokkan aplikasi windos 8 sesuai urutan kegunaan misalnya aplikasi yang sering digunakan ditaruh dibagian paling kiri.
  • Cari aplikasi

Untuk menemukan aplikasi agan dapat mnekan (tombol windows + Q) atau klik kanan bagian kosong layar atau menggeser jari ke atas dari bagian bawah layar dan pilih semua untuk menampilkan daftar bergulir dari semua aplikasi yang terinstal di windows 8.
  • Easy accsess (Akses mudah)

Mulai dengan mengetik bagian dari nama aplikasi. Untuk mengakses Control Panel. Misalnya, ketik 'Control'. Klik kanan-kotak 'control panel' pada layar pencarian aplikasi. dan klik 'Pin to Start'. Sekarang tekan tombol windows, gulir ke kanan dan agan belajar online akan melihat kotak control panel di ujung. Drag and Drop ke kiri di tempat yang mudah agan akses. Kemudian klik kotak untuk membuka desktop bersama dengan jendela Coontrol Panel. Lalu tekan tombol windows untuk mengembalikan ke layar start saat pertama agan mulai.
  • Shutting down

Untuk shutting down/ mematikan windows 8, hanya perlu menggerakkan kursor mouse ke pojok kanan bawah layar, klik ikon Setting atau (tahan tombol windows dan tekan I) dan agan belajar online akan melihat tombol power. Klik tombol tersebut dan pilih 'Shut Down' atau 'Restart'. Beberapa trik shut down versi windows xp/vista/7 juga masih berjalan pada versi windows 8 seperti tekan (Ctrl+Alt+Del)->klik tmbol power di pojok kanan bawah dan agan akan disajikan tombol 'Shut Down' atau 'Restart'. Kalau agan berada di halaman desktop, tekan (Alt+F4) dan agan akan dapat memilih 'Shut Down', 'Restart', 'Sign Out' atau pilihan 'Switch User'.
  • App bar
App bar ini sebagai pengganti tombol start dan menu-menu yang ada pada versi windows sebelumnya. Apabila agan tidak yakin dengan app bar agan dapat kembali lagi dengan klik kanan pada bagian kosong layar, tekan tombol windows+Z atau bisa juga menggerakkan jari dengan cepat ke atas.
  • Aplikasi yang sedang berjalan

Apabila agan ingin tahu aplikasi apa saja yang sedang agan jalankan, maka agan dapat menekan Alt + Tab yang bisa agan gunakan untuk beralih ke aplikasi lain yang sedang berjalan. Menekan tombol windows + Tab akan menampilkan panel di sisi kiri layar dengan aplikasi yang sedang berjalan. Tekan Ctrl+Shift+Esc untuk melihat semua aplikasi yang berjalan di task manager.
  • Menutup aplikasi

Aplikasi windows 8 tidak memiliki tombol tutup(Close), namun demikian agan dapat menggunakan kombinasi Alt +F4 untuk menutup aplikasi yang berjalan sebagaimana berjalan juga untuk menutup aplikasi windows sebelumnya. Apabila tidak bisa karena sistem crash agan dapat menekan kombinasi tombol Ctrl +Shift +Esc, agan akan dibawa ke halaman task manager. Klik aplikasi yang akan ditutup dan tekan tombol End Task yang ada di bawah. Jangan sering-sering memakai kombinasi diatas karena bisa menyebabkan sistem crash permanen.
  • Menguasai internet explorer di windows 8

Ketika agan meng-klik kotak internet explorer maka akan muncul layar penuh tanpa toolbar, menu atau sidebar seperti tidak ada apa-apa. Klik kanan bagian kosong pada halaman/ gulir dengan cepat jari agan turun dari atas layar. agan akan menemukan pilihan untuk membuat dan beralih diantara tab, serta tombol refresh, sebuah kotak pencarian.
  • Menjalankan dua aplikasi bersama-sama
Agan dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan pada windows 8 dengan cara swape aplikasi pertama dan buka aplikasi kedua. Maka aplikasi kedua akan tampil pada layar kosong.
  • Run as Administrator

Kadang aplikasi hanya berjalan pada sisi administrator dan tidak berjalan pada user biasa. Apabila Agan ingin menjalankan aplikasi dari sisi administrator windows 8, maka Agan dapat meng-klik kanan aplikasi dan pilih Run as Administrator.
  • Menyesuaikan ukuran kotak aplikasi
Menyesuaikan kotak-kotak aplikasi windows 8 dapat dijalankan dengan cara klik kanan pada tampilan pertama windows 8 dan windows 8 akan menyesuaikan ukurannya.

Baru segitu aja gan, semoga berguna buat agan2 sekalian.

Artikel i66m, One and Only Lainnya :

0 komentar:

Copyright © 2015 i66m, One and Only | Design by Bamz