Pengaruh dan Arti Warna Terhadap Lingkungan dan Psikologis Manusia

Artikel terkait : Pengaruh dan Arti Warna Terhadap Lingkungan dan Psikologis Manusia

Pengaruh Warna dan Kejiwaan

Pengaruh dan Arti Warna Terhadap Lingkungan dan Psikologis Manusia

Sejarah Warna
“Tahun 1666, ilmuwan Inggris Sir Isaac Newton menemukan bahwa ketika cahaya putih bersih dipantulkan melalui prisma, ia memisahkan ke semua warna yang terlihat. Newton juga menemukan bahwa setiap warna terdiri dari satu panjang gelombang dan tidak dapat dipisahkan lebih lanjut ke dalam warna lain.Percobaan menunjukkan bahwa cahaya dapat dikombinasikan untuk membentuk warna lain. Misalnya, kombinasi lampu merah kuning terang akan menciptakan sebuah warna oranye. Sebuah warna dihasilkan dari campuran dari dua warna lain yang dikenal sebagai metamer. Beberapa warna, seperti kuning dan ungu, ketika salah satu warna tersebut tidak ikut dicampur maka akan menghasilkan warna putih terang. Kombinasi warna ini dikenal sebagai pelengkap atau warna turunan”.

Perhatikan gan keadaan di sekeliling kita. Ada berbagai objek dengan warna yang bervariasi. Agan2 tau gak kalo warna-warna tersebut memiliki efek terhadap psikologi manusia?
Banyak loh gan para ahli (dalam hal ini psikolog dan dokter) setuju kalo efek warna tergantung pada persepsi agan2 tentang warna tersebut. Kalo agan2 menganalisis sikap agan terhadap warna, agan2 akan menemui bahwa ada warna yang disukai dan tidak. Misalnya ketika kita memasuki suatu ruangan, kemudian muncul perasaan nyaman atau tidak nyaman.  Salah satunya penyebabnya adalah pemilihan warna yang tidak tepat. Hal tersebut bukan hanya berlaku pada warna ruangan saja, melainkan pada logo/lambang dan busana baik dalam sebuah pementasan atau pakaian sehari-hari. Karena dibalik warna ada pesan tertentu yang ingin disampaikan.
Sebelum kita mencari tahu apa saja pengaruh psikologi dari warna, baca dulu apa definisi dan jenis pengelompokan warna:
·         Menurut Ensiklopedi Indonesia, warna adalah gejala yang timbul karena suatu benda memantulkan cahaya yang mengenainya. Warna memiliki nilai yang ditentukan oleh tingkat kecerahan atau kesuraman yang dipengaruhi oleh penambahan warna putih atau hitam. Ada kurang lebih 7 juta variasi warna yang berbeda, dan mata manusia yang normal, dapat menangkap perbedaan warna-warna tersebut.
Secara umum warna dikelompokan menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Warna Netral


Warna Netral

  • Warna netral yaitu warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan percampuran ketiga komponen warna tersebut  dalam komposisi yang berbeda. Contoh warna netral adalah percampuran dari yellow green, orange red, danblue purple.
2. Warna Kontras

 Warna Kontras
·         Warna kontras yaitu warna yang terkesan berlawanan dengan yang lainnya. warna kontras bisa diperoleh dari warna yang beseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri dari warna primer dan sekunder. namun tidak menutup kemungkinan untuk membentuk kontras warna dengan mengolah nilai kemurnian warna  ataupun memutar wheel color.
   ü  Contoh warna kontras diantaranya kuning dengan ungu, biru dengan jingga dan merah dengan hijau. 
    3. Warna Dingin
Warna Dingin
·         Warna dingin yaitu kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran didalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu.
4. Warna Panas
·         Dan yang terakhir warna panas, yaitu kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran didalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning.
Dari setiap pengelompokan warna diatas.  Menurut Kaina dalam buku “Colour Therapy”, warna juga memiliki pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara bertindak manusia. Antara lain sebagai berikut:

  • Warna menciptakan daya tarik manusia sehingga semakin bergairah terhadap suatu hal.
  • Permainan warna dapat mempengaruhi emosi seseorang.
  • Penggunaan warna yang tepat dapat memberikan ketenangan, konsentrasi, kesan gembira, serta membangkitkan energi yang membuat seorang menjadi aktif dalam melakukan kegiatannya.
  • Sebagai salah satu alat bantu komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan mudah diserap makna nya.

Dibawah ini ane coba rangkum salah satu dari sekian banyak fungsi warna dalam kehidupan manusia secara langsung:

Warna sebagai Therapy

Penggunaan Warna Untuk Terapi Psikologis
“Terapi warna, juga dikenal sebagai chromotherapy, sering digunakan dalam kamar penyembuhan dari praktisi kesehatan alternatif. Terapi warna digolongkan sebagai vibrational healing modality. Pengobatanvibrational juga menggunakan energi chi dalam organisme hidup seperti tanaman, gemstones dan kristal, air, cahaya matahari, dan suara.
Warna merupakan bentuk yang terlihat dari energi electromagnetic.Spektrum warna utama yang dicerminkan dari pelangi memberikan efek penyembuhan yang unik pada setiap warna yang dihasilkan. Cahaya matahari sendiri merupakan penyembuh ajaib! Bayangkan saja apa yang akan menjadi jika bumi ini tanpa sinar matahari. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa kurangnya sinar matahari membuat depresi bagi beberapa orang.
Seorang terapis warna yang terlatih akan menggunakan warna dan cahaya sebagai alat untuk menyeimbangkan energi dalam tubuh manusia, karena dasar pemikiran dari gangguan psikologis adalah terjadinya ketidakseimbangan energi dalam tubuh. Sehingga terapi warna dan cahaya digunakan untuk menyelaraskan fisik, emosi, spiritual dan mental.”

Terapi warna biasanya menggunakan alat-alat sebagai media penyembuhan, diantaranya:
·         Gemstones
·         Lilin / Lampu
·         Crystal Wands
·         Kristal dan kaca prisma
·         Kain berwarna
·         Bak mandi berwarna
·         Lensa Mata
·         Laser

Sejak awal kehidupan seorang bayi sudah diperkenalkan dengan warna. Penggunaan warna pastel pink atau biru di ruang perawatan bayi memberikan kesan lemah lembut dan ketentraman. Ketika kita masih duduk di taman kanak-kanak pernah kita ditanyakan guru, apakah warna favorit kita? Warna apa yang pertama kali kita sentuh ketika kita diberikan sekotak krayon?
Apapun pandangan kita terhadap terapi warna dalam penyembuhan psikologis, perlu digarisbawahi bahwa kehidupan atau alam raya ini penuh warna, sehingga disadari atau tidak disadari perasaan, pikiran dan perilaku kita akan dipengaruhi oleh warna. Bagaimana menurut anda?

Beberapa kebudayaan kuno, termasuk orang-orang Mesir dan Cina, mempraktekan chromotherapy, atau penggunaan warna untuk menyembuhkan. Chromotherapy kadang-kadang disebut sebagai terapi cahaya atau colourology. Tekhnik penyembuhan ini masih digunakan sampai saat ini sebagai pengobatan alternatif.

Dalam perawatan ini:
  •  Merah digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran serta meningkatkan sirkulasi.
  • Kuning untuk merangsang simpul-simpul syaraf untuk meningkatkan sirkulasi tubuh.
  • Orange digunakan untuk menyembuhkan paru-paru dan untuk meningkatkan tingkat energi.
  • Biru diyakini untuk meringankan penyakit dan mengurangi rasa sakit.
  • Warna Indigo digunakan untuk mengatasi masalah kulit.


Kebanyakan psikolog memandang terapi warna tidak memiliki efek penyembuhan psikologis. Warna juga memiliki arti yang berbeda di berbagai budaya. Penelitian menunjukkan bahwa dalam banyak kasus warna dapat mempengaruhi mood meskipun hanya sementara. Ruangan dengan warna biru mungkin pada awalnya menimbulkan perasaan tenang, tetapi pengaruh tersebut akan menghilang dalam waktu singkat.


Efek Psikologis dari Warna Secara Singkat
·         Ketika persepsi warna menjadi hal yang subyektif, ada beberapa efek warna yang memiliki makna universal. Warna merah di daerah spektrum warna yang dikenal sebagai hangat, termasuk warna merah, oranye, dan kuning. Warna ini membangkitkan emosi mulai dari perasaan hangat dan nyaman sampai perasaan marah dan permusuhan.
ü  Warna biru  dikenal sebagai spektrum warna dingin, termasuk warna biru, ungu, dan hijau. Warna ini sering digambarkan sebagai ketenangan, tetapi juga dapat membangkitkan perasaan sedih atau terabaikan.


PENGARUH DAN ARTI WARNA UNTUK MANUSIA SECARA PSIKOLOGI
·         Merah    
Merah merupakan warna yang memberikan inspirasi power, energy, kehangatan, cinta, nafsu, dan agresi. Warna merah biasanya dapat memicu tingkat emosional seseorang sekaligus warna yang paling sering menarik perhatian.
Warna ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mampu menstimulasi seseorang menjadi lebih aktif. Namun di sisi lain, warna ini mampu mempengaruhi emosi seseorang menjadi mudah terpancing dan lebih mudah marah.
Merah yang cerah, memberi kesan hangat yang kuat bahkan dapat memicu emosi.
Merah biasanya diasosiasikan dengan cinta, kehangatan, dan kenyamanan.
Merah juga dianggap sebagai simbol kegairahan hidup, atau bahkan marah, warna yang membuat perasaan kegembiraan.
Penggunaan kata merah dalam bahasa Inggris membentuk kosa kata tertentu seperti: redneck, red-hot, red-handed, paint the town red, seeing red. Bagaimana dengan penggunaan kata merah dalam bahasa Indonesia?

·         Kuning    
Kuning merupakan warna cerah yang dapat memberikan efek positif, menciptakan rasa optimis, meningkatkan rasa percaya diri, dan menggambarkan harapan. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat manusia lebih waspada dan tegas. Warna kuning dapat menarik perhatian dikarenakan jumlah cahaya yang terpantul darinya lebih banyak dibandingkan warna-warna lain.
Warna ini adalah warna atraktif, sporti dan memberi kesan pribadi yang hiperaktif. Selain itu warna ini juga dapat menstimulasi konsentrasi. Biasanya, penyuka warna ini adalah pribadi yang tenang tetapi suka menjadi pusat perhatian.
Kuning yang terang sering digambarkan sebagai riang dan hangat. Namun warna kuning dapat membuat lelah mata karena banyaknya jumlah cahaya yang tercermin. Menggunakan kuning sebagai latar belakang di atas kertas atau monitor komputer dapat mengakibatkan sakit mata atau kesulitan pandangan dalam kasus ekstrim. Kuning juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
Kuning juga dapat menciptakan perasaan marah dan frustrasi. Meskipun dianggap sebagai warna ceria, orang lebih cenderung kehilangan kesabaran jika berada dalam ruang berwarna kuning dan seorang bayi cenderung menangis lebih sering jika ditempatkan di kamar berwarna kuning.
Karena warna kuning mengandung banyak jumlah cahaya, maka penggunaan warna kuning biasanya untuk menarik perhatian, hal ini dapat dilihat pada penggunaan warna kuning pada rambu-rambu lalu lintas atau iklan.

·         Orange    
Orange merupakan warna yang membawa sifat kecerian, ambisi, serta energik. Biasanya warna orange berkaitan dengan  keamanan sensualitas, sikap yang menyenangkan, dan pemicu selera makan seseorang. Warna orange juga menggambarkan keakraban, keramahan dan pemberi efek rasa nyaman.
Warna ini memiliki sifat dinamis dan berani tampil beda.
Oranye adalah kombinasi kuning dan merah dan dianggap sebagai warna yang energik. Warna oranye dapat membangkitkan kegembiraan, antusiasme, dan kehangatan, selain itu warna oranye sering digunakan untuk menarik perhatian, seperti rambu lalu lintas dan iklan disamping warna kuning.

·         Hijau    
Merupakan warna alami yang menunjukkan kemurnian, dapat menjaga keselarasan dan harmoni. Sehingga warna hijau dapat menyejukan syaraf, menyegarkan mata dan mampu memberikan efek ketenangan dan kesembuhan.
Hijau adalah warna yang dingin yang melambangkan alam dan kehidupan alam. Hijau juga mencerminkan ketenangan, kesehatan, dan kecemburuan. Sejak jaman dulu warna hijau merupakan simbol kesumburan.
Hasil penelitian menemukan bahwa hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca. Riset yang dilakukan pada beberapa siswa ditemukan bahwa peletakan transparan lembar kertas berwarna hijau di atas bahan bacaan meningkatkan kecepatan membaca dan memahami.
Hijau sering digunakan dalam dekorasi untuk memberi efek ketenangan. Misalnya, dekorasi ruang tamu di kantor-kantor sering mengkombinasikan warna hijau dan sebuah taman ‘mini' untuk memberi kesan santai dan bersahabat.
Warna hijau dapat juga membantu pikiran menjadi rileks bahwa dapat mereduksi stress da membantu penyembuhan. Orang-orang yang suka akan alam biasanya jarang memiliki keluhan sakit kepala dan sakit perut.

·         Biru    
Biru merupakan warna yang  menjadi symbol dari kepercayaan, konsistensi, dan pemacu konsentrasi. Namun dominasi warna biru akan menimbulkan kesan kaku, tidak akrab, dan tidak punya ambisi, serta pemicu timbulnya keraguan.
Warna Biru memiliki efek menenangkan, walaupun beberapa jenis warna biru memiliki karakter yang berbeda. Misalnya biru langit memiliki sifat senang dan cenderung santai. Sedang biru navy ( biru langit pada malam hari) memiliki sifat serius dankonservatif.
Biru merupakan warna yang paling disukai banyak orang terutama kaum pria. Biru memberikan kesan ketenangan pikiran atau perasaan tenang. Hal ini sering digambarkan sebagai damai, tenang, aman, dan tertib. Namun biru juga dapat menciptakan perasaan kesedihan atau sikap acuh tak acuh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan warna biru untuk ruang  kantor akan membawa pengaruh positif terhadap produktivitas karyawan.
Meskipun warna biru adalah warna yang popular, namun biru dapat mempengaruhi selera makan, pada riset penurunan berat badan, salah satu terapinya adalah menggunakan piring warna biru untuk menyajikan makanan.
Warna biru natural pada buah dan sayuran hanya terdapat pada buah blueberry dan plum, bahkan warna biru bila dikaitkan dengan makanan biasanya memberi kesan makanan yang beracun. Warna biru juga dapat menurunkan pulse rate dan suhu tubuh.

·         Coklat    
Warna coklat identik dengan sesuatu yang bersifat natural. Mencerminkan keseriusan, kehangatan, dan sifat yang dapat dipercaya. warna coklat hampir disamakan dengan warna hitam namun coklat lebih menunjukan kelembutan.
Warna ini merupakan warna tanah, sehingga mempunyai sifat kesederhanaan.
·         Hitam dan abu - abu     
Warna hitam dapat menunjukkan kesan elit, keanggunan, mempesona, serta keteguhan. Namun warna hitam juga memberikan kesan negatif seperti kehampaan, ketakutan, kesedihan, putus asa, dosa, dan identik dengan warna kematian. Mempunyai sifat moody-an atau tidak stabil. Jika berada di lingkungan/suasana yang disukai bisa menjadi sangat lincah, tetapi berada di lingkungan yang tidak disukai menjadi murung.
Hitam menyerap semua cahaya dalam spektrum warna. Hitam sering digunakan sebagai simbol dari ancaman atau simbol jahat, tetapi juga terkenal sebagai indikator kekuasaan. Warna hitam digunakan untuk mewakili karakter curang seperti Dracula dan sering dikaitkan dengan sihir.
Hitam sering dikaitkan dengan kematian dan duka dalam berbagai budaya. Hal ini juga terkait dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, formalitas, dan keanggunan.
Di Mesir kuno, hitam merupakan simbol kehidupan dan kebangkitan.
Di dunia mode hitam memberi efek melangsingkan.
Dalam kosa kata bahasa Inggris kata hitam memberikan arti tersendiri, seperti: black death, blackout, black cat, black list, black tie, dsb. Bagaimana penggunaan kata hitam pada kosa kata bahasa Indonesia?

·         Putih     
Warna ini mempunyai sifat agak tertutup.
Putih melambangkan kesucian atau kemurnian, dapat juga menggambarkan kesan dingin, lemah lembut dan steril
Pengunaan warna putih yang cerah dalam ruangan akan memberi kesan luas, bersih, terang dan megah, namun juga memberikan kesan kosong dan tidak ramah. Rumah sakit biasanya menggunakan warna putih untuk memberikan kesan bersih dan steril.

·         Ungu     
Warna ini sering digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Ungu adalah simbol dari royalti dan kekayaan, juga melambangkan kearifan dan spiritualitas.
Warna ungu dalam fenomena alam jarang terjadi, namun jika muncul akan menimbulkan kesan eksotik atau artifisial.

·         Pink    
Warna ini mempunyai sifat feminin. Tetapi dibalik kefemininannya mengandung kepribadian yang misterius.
Pink pada dasarnya adalah warna merah terang dan biasanya diasosiasikan dengan cinta dan romantis. Warna pink juga dapat memberikan efek ketenangan.
Dari keseluruhan informasi tentang bagaimana warna dapat mempengaruhi mod, perasaan bahkan perilaku manusia, apakah anda juga mengalami hal yang sama? Selanjutnya kita akan melihat pengaruh warna ini pada terapi psikologis. Meskipun terapi ini tidak populer karena efek yang dihasilkan tidak permanen, namun tidak ada salahnya kita mengetahui informasi ini.

TAMBAHAN
Pengaruh warna pada kenyaman hidup kita menurut feng shui

pengaruh warna pada kehidupan sehari-hari:
1.      Merah
Ø  Sifat dari warna merah adalah: memberi stimulasi dan dominan.sangat erat dengan sifat hangat dan kemakmuran,tapi juga menggambarkan kemarahan,malu dan kebencian.
Ø  untuk ruangan warna merah mengurangi ukuran tetapi akan memperbesar ukuran objek,warna merah sangat bagus untuk aksen.
Ø  Tidak cocok : ruang makan,kamar tidur anak-anak,dapur serta ruang kerja

2.      Kuning
Ø  Sifat dari warna kuning erat dengan pencerahan dan intelektualitas,menstimulasi otak dan membantu pencernaan.sifat baiknya adalah optimisme,akal dan ketegasan sifat.
Ø  Buruknya adalah berlebihan dan kekakuan.
Ø  Cocok : pintu masuk rumah dan juga dapur.
Ø  Tidak cocok :  ruang meditasi dan kamar mandi

3.      Hijau
Ø  Warna ini menyimbolkan pertumbuhan,kesuburan dan harmony.hijau  adalah warna menenangkan dan menyegarkan.
Ø  Sifat positif : optimisme,kebebasan,keseimbangan.
Ø  Sifat negative : iri hati dan kebohongan.
Ø  Cocok:di pakai di ruang terapi dan kamar mandi
Ø  Tidak cocok : ruang keluarga,ruang bermain,ruang belajar.

4.      Biru
Ø  Sifat warna biru adalah damai dan menyejukkan,juga terkait dengan spiritualitas,kontemplasi,misteri dan kesabaran
Ø  Sifat positif : rasa percaya diri dan stabilitas
Ø  Sifat negative : curiga dan melankolis
Ø  Warna biru bisa memberi kesan luas pada ruangan
Ø  Cocok : ruang meditasi,ruang tidur,ruang terapi
Ø  Tidak cocok : ruang keluarga,ruang makan,ruang kerja
5.      Putih
Ø  Warna putih bersimbolkan awal baru,kemurnian dan kesucian
Ø  Sifat positif : bersih dan segar
Ø  Sifat negatif:dingin dan tanpa kehidupan
Ø  Cocok : kamar mandi dan dapur
Ø  Tidak cocok : kamar anak-anak dan ruang makan

6.      Hitam
Ø  Misterius dan independen.
Ø  Sisi positif : daya tarik dan kekuatan.
Ø  Sisi negative : kematian,kegelapan dan kuasa jahat.
Ø  Cocok : kamar remaja dan kamar tidur.
Ø  Tidak cocok : kamar kerja,kamar anak-anak dan ruang keluarga.

7.      Cokelat
Ø  Warna cokelat menggambarkan stabilitas dan bobot.
Ø  Positif : kestabilan dan kenggunan.
Ø  Negatif : depresi dan penuaan.
Ø  Cocok : kamar kerja.

“Warna tidak hanya mempercantik sesuatu yang berkaitan dengannya, tetapi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologi orang disekitarnya. Oleh karena itu, penentuan penggunaan warna yang tepat erat berkaitan dengan sebuah desain yang baik. Maka silahkan bereksplorasi semaksimal mungkin untuk menciptakan desain yang menarik. Tapi ingat, pilihlah warna-warna yang tepat”.
‘Melalui warna kita bisa berkomunikasi, karena warna dapat menyampaikan pesansublimasi tentang persepsi dan indera sensorik manusia yang akhirnya dapat mengubah cara berpikir tentang sebuah subyek”.
‘Coklat adalah warna yang alami yang dapat membangkitkan kekuatan dan kehandalan. Coklat juga dapat menciptakan perasaan sedih dan terisolasi.
Coklat cenderung membawa pikiran pada rasa kehangatan, kenyamanan, dan keamanan. Hal ini sering digambarkan sebagai alam, membumi dan konvensional, tetapi juga dapat menimbulkan keindahan natural”.

“ Semoga artikel ini bermanfaat buat agan2 yang bingung milih warna baik itu untuk desain interior, pewarna wajah, dsb yang membutuhkan lebih dari sekedar kesukaan kita terhadap warna tertentu, tapi juga harus sesuai dengan berbagai aspek yang ada dilingkungan sekitar kita. Terima kasih buat agan2 yang berkunjung ke blog ini”. J 

Artikel i66m, One and Only Lainnya :

0 komentar:

Copyright © 2015 i66m, One and Only | Design by Bamz