8 Tips Ampuh Untuk Menghindari Penipuan Online

Artikel terkait : 8 Tips Ampuh Untuk Menghindari Penipuan Online

Zaman sekarang marak sekali yang namanya penipuan online, baik itu melalaui fjb (sub forum untuk jual beli) di beberapa forum, blackberry messaging, ataupun website-website khusus yang khusus untuk online shopping (toko online). Saya pernah tertipu sekali, ini adalah pengalaman pertama saya tertipu dan saya berharap ini juga menjadi pengalaman terakhir saya. Apa Anda juga pernah mengalami hal yang sama seperti saya?
Sebenarnya, ada 7 tips/cara simpel namun sangat ampuh untuk mencegah/menghindari penipuan semacam ini, ada 7 tips yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan jual-beli online agar dapat mencegah/menghindari penipuan online. Ingat, kejahatan tidak hanya terjadi karena niat dari pelakunya, tapi karena ada kesempatan dan kelengahan orang yang tertipu. 
8 Tips Ampuh Untuk Menghindari Penipuan Online
Penipuan Online


1. Cek alamat si penjual.
Penipu biasanya tidak mau mencantumkan alamat rumah/tempat usahanya, atau malah sengaja memberikan alamat tapi Palsu. Oleh karena itu, Anda harus cek alamt yang diberikannya melalui teman yang sekota dengan si penjual, atau bisa cek di Google apakah alamat tersebut benar-benar ada.
2. Cek nomor telepon/ponsel si penjual.
Jika setelah Anda cek benar-benar ada, Anda harus telepon Telkom 108 menanyakan nomor Fixed Landline/ telepon rumah/kantor (bukan ponsel atau Flexi). Lalu cobalah menelepon ke nomor telepon di alamat tersebut, apakah si penjual benar-benar ada.
3. Jangan menggunakan sms untuk berkomunikasi.
Biasanya, Penipu Online juga tidak mau mengangkat  telepon dan hanya mau menjawab melalui SMS karena khawatir dikenali suaranya melalui Voice Recognizer oleh Polisi.
4. Cek nomor si penjual di google.
Penipu online juga mempunyai nomor ponsel yang bisa anda cek di Google. Ketik saja nomor ponselnya disertai dengan kata Penipu. Misal : "081234567890 Penipu", maka biasanya anda bisa melihat beberapa kasusyang melibatkan dirinya.
5. Gunakan fasilitas Verified Member
Namun hati-hati juga karena Penipu Online suka gonta ganti nomor ponsel dan Profile. Sehingga saat di cek di Google tidak kelihatan nomor ponselnya. Maka Fasilitas seperti Verified Member bisa membantu. Verified member adalah Member yang sudah terverifikasi dan sudah di cek alamatnya adalah asli. Verified Member, apalagi yang sudah bergabung sejak lama dengan jumlah barang jualan yang banyak, biasanya lebih terjamin.
6. Waspada terhadap penjual yang masih baru.
Biasanya Penipu Online berganti2 Profile, jadi Anda harus lebih waspada terhadap para Member-member anyar yang baru bergabung pada bulan yang sama saat anda membeli.
7. Jangan memberi DP (Down Paymen) Besar
Cukup berikan dalam jumlah kecil yang kalau misalnya sampe hilang, tidak terlalu merugikan anda. Kalau orang tersebut memaksa meminta DP (Down Paymen) besar dengan alasan ini itu, maka TOLAK SAJA. Sebab penjual yang baik tidak terlalu mempermasalahkan jumlah DP (Down Paymen) asal benar-benar serius membeli, namun mengutamakan pelunasan yang tepat waktu.
8. Gunakan bantuan Rekber (Rekening Bersama) atau Expedisi
Jangan membayar lunas barang yangg Anda beli. Sebaiknya gunakan REKBER (Rekening Bersama) yang dikelola pihak ketiga dengan bertanggungjawab.
Apabila tidak menggunakan Rekber, maka Anda bisa memanfaatkan jasa Expedisi. Caranya :
  • Minta si Penjual menentukan akan dikirim melalui Expedisi mana? Setiap kantor Expedisi pasti punya nomor telepon/fax kantor.b. Minta si penjual utk mengirimkan ke Expedisi tersebut. Dan saat penjual sudah tiba di kantor expedisi, maka anda bisa telepon ke kantor expedisi tersebut, apakah penjual dan barangnya betul-betul sudah disana utk membuktikan bahwa si penjual bener2 REAL.
  • Jika si penjual dan barangnya benar-benar sudah ada disana, itu membuktikan bahwa dia serius. Maka Anda bisa transfer ke rek penjual tersebut. Jika memungkinkan, sebaiknya transfer setelah nomor resi pengiriman keluar, dengan demikian itu artinya barang sudah benar-benar di tangan expedisi.
  • Ingat, setelah melakukan transfer, Anda juga harus cek lagi ke expedisi dan katakan bahwa barang yang Anda sudah ditransfer, jangan sampai setelah di transfer, barang yang anda beli dibatalkan pengirimannya oleh si penjual.
Tapi, diantara semua TIPS tersebut, langkah terbaik dan paling aman adalah COD (Cash On Delivery) atau LCD (Lihat, Cocok, Dibayar)dengan beratap muka langsung dengan penjualnya. dan menggunakan REKBER yang kompeten.

Jika Anda tertipu, jangan ragu untuk melaporkan ke pihak berwenang, baik Penyelenggara Toko Online atau melaporkannya ke Polisi.

Artikel i66m, One and Only Lainnya :

0 komentar:

Copyright © 2015 i66m, One and Only | Design by Bamz